Minggu, 06 November 2011

Ekspor, Sumber Utama Pertumbuhan PDB

Deputi Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik Slamet Sutomo, menyebutkan, ekspor merupakan sumber utama pertumbuhan Produk Domestik Bruto sebesar 6,5 persen pada triwulan III 2011 ini dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Persentase sumbangan ekspor barang dan jasa terhadap pertumbuhan PDB year on year mencapai 8,3 persen.
"Jadi bagaimana Indonesia sekarang sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal. Tapi jangan lupa impornya juga tumbuh ya (sebesar) 5 persen," ujar Slamet dalam konferensi pers, di Kantor BPS, Jakarta, Senin (7/11/2011).
Dengan begitu, terang dia, ada selisih sebesar 3,3 persen antara ekspor dan impor. Ekspor barang dan jasa ini pun tumbuh cukup signifikan sebesar 18,5 persen dari triwulan III-2010. Sementara itu, jika dibandingkan triwulan II-2011, ekspor naik 5,2 persen.
Selain ditopang oleh ekspor, konsumsi rumah tangga juga turut berperan besar dalam pertumbuhan PDB. Pengeluaran konsumsi rumah tangga memberikan persentase sebesar 2,7 persen terhadap pertumbuhan PDB.
Dari hal ini, ia berpendapat bahwa berlangsungnya masa Lebaran, liburan, dan tahun ajaran baru selama triwulan III tersebut memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian. Meski demikian, ia tidak menampik adanya dampak negatif dari kondisi perlambatan ekonomi global.
Hasilnya, ekspor nasional mengalami perlambatan. Tetapi karena ekonomi domestik membantu, maka ekonomi nasional pun tetap bisa tumbuh. "Tadi ya 3,5 persen q to q (quarter to quarter) dan 6,5 persen y on y (year on year)," tutup Slamet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar